..<< = More Info = >>..

Sunday, August 31, 2008

Dari Mana Asal-usul Tanaman

Walau masih melalui perdebatan, dipercaya bahwa cikal bakal semua tumbuhan yang ada di dunia ini muncul dari sebuah mahluk hidup bersel tunggal. Mahluk hidup ini kemudian membentuk ganggang yang kemudian berkembang di laut dan perlahan-lahan berevolusi menjadi tumbuhan laut lainnya.

Sekitar 450 juta tahun yang lalu, ganggang tersebut perlahan merambat untuk kemudian berpindah ke darat dan beradaptasi dengan lingkungan sektiarnya. Kemudian tanaman menyebar ke seluruh penjuru dunia dengan perantara hewan, udara serta air laut, untuk kemudian berkembang dan beradaptasi sesuai dengan daerah dimana tanaman tersebut tumbuh dan berkembang biak.Tak semua tanaman yang berada di Indonesia berasal asli dari negara ini.

Banyak tanaman yang aslinya berasal dari negara lain dan kemudian dibawa ke Indonesia. Tanaman tersebut dikembangbiakkan dengan beberapa alasan. Seperti misalnya kopi yang sengaja dibawa ketika masa penjajahan Belanda, dikembanbiakkan di Indonesia untuk menjadi komoditas ekspor. Begitu juga dengan tanaman hias yang sengaja dibiakkan karena terpengaruh oleh tren yang ada di luar negeri. Para pecinta tanaman membiakkan dan mengembangkan tren tanaman hias tersebut untuk dikenalkan dengan para pecinta tanaman yang ada di Indonesia.

0 comments:

Custom Search